Materi Anggota Tubuh Untuk Paud

Materi Anggota Tubuh Untuk Paud – Apakah kamu suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri

Catatan: Petunjuk penggunaan video untuk pembelajaran bagian tubuh di PAUD: Pengembangan media dan sumber belajar: GRUP 4/TP A 2019 – Alfira Bunga H – Arsyilla Lasyika – Siti Widiyanti

Materi Anggota Tubuh Untuk Paud

Materi Anggota Tubuh Untuk Paud

PENGETAHUAN ANGGOTA Video pelatihan direkam ME TUB UH PAUD TP GRUP 4 AA LL FF II RR AA BB UU NN GG AA AA RR SS YY II LL LL AA LL SS II TT II WW II DD II YY AA NN TT II a PPMSBLE 2019. POIN PENGEMBANGAN BINDER MEDIA DAN SUMBER BELAJAR Dosen : Cecep Kustandi, S.Pd., M.Pd. “Modul 10 Topik: Pedoman Pelaksanaan” Disusun oleh: Bab 4 Alfira Bunga Harlina (1101619056) Arsiilla Lasiyka (1101619004) Kelas: TP – A BAGIAN PENDIDIKAN FISIK PAUD JAKORTAGNSET2019 2019 Oleh: Alfira Bunga Harlina Arsyilla Lasyika Pembimbing Siti Widiyanti Media Specialist: Cecep Kustandi, S.Pd., M.Pd. Pakar Isi: Siti Vidyanti Pakar Mata Pelajaran: Homsiya Kartika Devi, S.K.M. Perancangan Halaman Utama : UNIVERSITAS Arsila Lasika JAKARTA UNIVERSITAS TEKNOLOGI KURIKULUM 2020 PETUNJUK PENGGUNAAN MEDIA A. Judul Media, Untuk Anak Video pelatihan program pendidikan anak usia dini bagian dari Botha Botha. Kurikulum Sarjana Universitas Negeri, Pendidikan, Sains dan Teknologi C. Pengenalan Produk Topik : Bagian-bagian Tubuh Nilai : O Tinggi Bahan Dasar : Bagian-bagian Tubuh Materi : 1. Mengenal bagian-bagian tubuh 2. Mengenal fungsi-fungsi organ tubuh – Mata – Telinga – Hidung – Mulut – Tangan Sasaran – Kaki : Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Format Siswa : Video Pembelajaran Interaktif D. Latar Belakang Tubuh manusia terdiri dari kepala, badan, tangan dan kaki. Seperti bagian tubuh lainnya, tangan bekerja seperti anggota tubuh bagian atas manusia. Orang-orang menggunakan tangannya untuk melakukan tugas dan tugas sehari-hari seperti makan, minum, menulis, membawa, menyentuh, mengumpulkan, dll, sehingga mereka dapat melakukan tugas apa pun dengan mudah dan bersih. Jadi dapat dikatakan bahwa tangan memegang peranan penting bagi manusia dalam melakukan aktivitas atau pekerjaan. Anak kecil harus mendapat tempat dalam aktivitasnya di mana mereka dapat benar-benar belajar sambil bermain dan belajar sambil bermain. Karena hanya pada saat inilah anak kecil dapat benar-benar merasakan dunianya dan merasakan adanya kesempatan baik untuk mengembangkan seluruh aspek dan kemampuan pikirannya. Pada dasarnya anak kecil akan lebih bersemangat belajar jika mengikuti sistem permainan yang menyenangkan. Dalam setiap permainan tentunya anak menggunakan gerakan tubuh. Oleh karena itu, anak kecil perlu mengenal bagian tubuhnya. Hal ini sangat penting sekali, karena tentunya anak akan lebih cepat melakukan gerak tubuh bila ia hanya mengetahui bagian-bagian tubuhnya saja, karena jika anak dapat mengatasi hal tersebut dengan komunikasi maka permainan tersebut dapat dikatakan sempurna. Pada saat yang sama, komunikasi hanya dapat terjalin jika anak mempunyai pengetahuan tentang bagian-bagian tubuhnya dan sedikit banyak peka terhadap lingkungan. Apabila hal ini dapat dilakukan secara terpadu maka kegiatan pendidikan anak usia dini akan dianggap berhasil dan bermanfaat bagi anak. Pendidikan anak usia dini mempunyai fungsi utama untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak, meliputi perkembangan kognitif, bahasa, fisik (motorik kasar dan halus), sosial, dan emosional. Selain itu, karena PAUD pada hakikatnya merupakan landasan atau landasan awal bagi proses pendidikan selanjutnya, maka PAUD mempunyai peranan yang strategis dalam kelanjutan proses pendidikan selanjutnya. Pada tahun-tahun pertama kehidupan seorang anak, pendidikan sejak dini sangat penting bagi perkembangan fisik dan mental seorang anak. Pelatihan umumnya dilakukan hanya dengan metode ceramah instruktur. Namun pada tahap pertama, siswa lebih mudah memahaminya jika menggunakan metode yang memiliki unsur menarik, seperti menggunakan alat video pembelajaran. Melihat permasalahan tersebut, pelatihan media video dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat sangat membantu proses belajar mengajar pada pendidikan anak usia dini (PAUD). E. Standar Kompetensi Tubuh Manusia Kompetensi 1. Mengenali bagian-bagian tubuh manusia Kompetensi dasar 1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia Menentukan 4. Menentukan fungsi organ hidung manusia 5. Menentukan fungsi mulut manusia rongga 6. Menentukan fungsi organ tangan manusia 7. Menentukan fungsi organ kaki manusia. Tujuan Pembelajaran 1. Dengan menonton video pelatihan interaktif, Anda dapat menyebutkan bagian-bagian tubuh manusia yang berbeda 2. Dengan menonton video pelatihan interaktif, Anda dapat menjelaskan fungsi organ mata manusia 3. Siswa dapat menjelaskan fungsi organ mata manusia organ telinga. Saksikan video pelatihan interaktif 4. Siswa dapat menyaksikan video pelatihan interaktif dan menjelaskan fungsi organ hidung manusia 5. Menonton video pelatihan interaktif dan menjelaskan fungsi organ mulut manusia. rongga mulut manusia. Organ-organ tangan manusia dengan menonton video pelatihan interaktif 7. Siswa dapat menjelaskan fungsi organ-organ kaki manusia dengan menonton video pelatihan interaktif F. Spesifikasi media Produk yang dihasilkan berupa video interaktif yang dapat digunakan oleh anak yang lebih besar. siswa pendidikan kelas O, profesor. dan orang tua untuk mempelajari materi tentang bagian tubuh. Media dikemas dalam bentuk video pembelajaran interaktif yang dapat digunakan secara praktis dan fleksibel. Untuk menjalankan video tutorial ini, Anda memerlukan komputer atau laptop yang mampu menampilkan gambar (visual) dan suara (audio), koneksi Internet, dan YouTube. Tampilan media ini dirancang menggunakan animasi dua dimensi dengan kombinasi warna yang memukau untuk menarik perhatian siswa. Animasi dua dimensi yang dibuat menampilkan tubuh anak laki-laki dan perempuan, bagian tubuh manusia dan aktivitas yang dapat kita lakukan dengan bagian tubuh tersebut. Penyajian materi dikemas secara asyik dengan suara narator, guru Karthika, dan instrumentalianya. Siswa dapat melakukan kegiatan belajar mandiri di rumah dengan bantuan orang tuanya. Media video ini dapat digunakan pada saat pembelajaran dengan menggunakan LCD proyektor dan dapat digunakan di rumah dengan menggunakan komputer atau laptop masing-masing siswa. G. Target Jenjang Pendidikan Ciri-ciri: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nilai: O Jumlah Siswa: 10 Siswa Jenis Kelamin: Laki-laki, Perempuan H. Petunjuk Penggunaan Untuk menjalankan video pelatihan interaktif ini, ikuti langkah-langkah berikut: 1. Nyalakan komputer atau laptop Anda 2 .Hubungkan ke modem Internet, wifi atau hotspot 3. Buka Google Chrome/Mozilla Firefox/Yahoo dll. 4. Cari di YouTube 5. Masukkan judul video “Cara Mudah Mengidentifikasi Bagian Tubuh” yang dibuat oleh Ruang Belajar 6. Klik ikon Play untuk memutar video Bagian dari video ini adalah: a) Beranda/thumbnail video b ) Judul konten c ) Pendahuluan Narator d) Materi Dalam bacaan ini Guru Ika menjelaskan bahwa Tuhan menciptakan manusia lengkap dengan tubuh fisiknya. Pada bagian ini dijelaskan tentang bentuk tubuh anak laki-laki dan bentuk tubuh anak perempuan menjelaskan perbedaan peran tubuh laki-laki dan perempuan. Yaitu gambaran bagian-bagian tubuh seperti rambut, mata, telinga, hidung, dan mulut di kepala . Pada bagian ini Profesor Ika akan menjelaskan tentang fungsi bagian tubuh. Cikgu Ika akan menjelaskan fungsi mata, telinga, hidung, mulut, tangan dan kaki. Bagian ini memberikan penjelasan tentang fungsi mata. Mata digunakan untuk menonton TV dan membaca buku. Pada bagian ini dijelaskan fungsi telinga. Telinga digunakan untuk mendengar suara saat menerima panggilan telepon atau mendengarkan radio. Bagian ini memberikan penjelasan tentang fungsi hidung. Hidung berfungsi untuk bernapas dan mencium wewangian serta bau yang tidak sedap. Bagian ini menjelaskan tentang fungsi rongga mulut. Mulut digunakan untuk berbicara, makan dan berdoa. Bagian ini memberikan penjelasan tentang pengoperasian keyboard. Tangan digunakan untuk menulis, menerbangkan layang-layang, memegang gelas sambil minum. Bagian ini berisi penjelasan tentang fungsi kaki. Kaki digunakan untuk berjalan, berlari, dan menendang bola. Dalam bacaan tersebut, Chikgu Ika menjelaskan bahwa seseorang patut bersyukur karena dikaruniai anggota tubuh yang multifungsi. Dalam penggalan tersebut, Cikgu Ika menjelaskan bahwa bagian tubuh tidak boleh digunakan untuk menimbulkan kerugian. Pada bagian ini guru Ika mengecek apakah siswa sudah mengetahui bagian-bagian tubuh manusia. e) Penutup Bagian penutup pertama memuat lagu “Belon Saya” dan lagu tersebut telah dimodifikasi untuk membangkitkan semangat siswa setelah pembelajaran. Bagian penutup kedua berisi harapan agar materi yang disampaikan narator dapat bermanfaat. I. Tata Cara Penggunaan dan Penyuntingan Ketika video pembelajaran interaktif siap digunakan dalam proses pembelajaran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan atau menyajikannya. A. Kegiatan Guru 1) Pelatihan Pribadi Sebelum melaksanakan pelatihan, guru harus mengenal bahan ajar dan mampu menggunakan peralatan perekam video, platform media, dan program penyuntingan video yang digunakan. Bila perlu, guru dapat melakukan latihan pengulangan untuk memudahkan penggunaan alat tulis gambar, platform media, dan program penyuntingan video agar guru tidak merasa kikuk atau tidak cakap menggunakan media. 2) Siapkan medianya

Promo Buku Aktivitas Anak Muslim

Tema anggota tubuh paud, bahasa arab anggota tubuh, bahasa inggris anggota tubuh, gambar bagian anggota tubuh, kegiatan paud tema anggota tubuh, materi bahasa arab anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, bagian anggota tubuh, anggota tubuh, nama nama anggota tubuh, materi bahasa inggris anggota tubuh, anggota tubuh dalam

Leave a Comment