Cara Membuat Tabel Di Excel

Cara Membuat Tabel Di Excel – Kali ini penulis akan berbagi informasi mengenai pelaporan otomatis dan kini Anda khususnya calon guru dapat menerapkan pelaporan otomatis ini untuk memudahkan pekerjaan Anda. Mari kita pelajari langkah-langkahnya bersama.

2. Pada lembar pertama, buatlah tabel yang berisi angka dan huruf, kemudian tuliskan angka 0 sampai 100 pada rentang angka, dan nama huruf dari nol sampai seratus pada abjad.

Cara Membuat Tabel Di Excel

Cara Membuat Tabel Di Excel

Untuk mengubah lembar pertama menjadi huruf, cukup tutup rentang 0 dan huruf nol pada baris terakhir tabel angka dan huruf, lalu cukup ketik “huruf” pada kolom Nama dan enter.

Tipstrik Blogger: Cara Memberi Warna Garis Tabel Pada Ms. Excel

3. Pada lembar kedua, buatlah tabel berisi kolom NIS, judul mata pelajaran (jika ada), rata-rata, dan penilaian.

Untuk mengubah lembar kedua menjadi leger, cukup tutup baris pertama dari kolom NIS ke kolom subjek hingga baris terakhir dari kolom NIS ke subjek, lalu ketik saja “leger” pada kolom judul dan enter (seperti di atas)

4. Untuk menghitung jumlah kolom setiap siswa, Anda perlu melakukan langkah-langkah antara lain memasukkan rumus =SUM (lalu drag dari awal kolom mata pelajaran hingga akhir pada baris pertama siswa), seperti pada gambar gambar di bawah ini. Untuk menghitung jumlah siswa berikutnya, cukup kurangi jumlah nilai siswa dari kolom jumlah awal hingga akhir.

5. Untuk menghitung kisaran rata-rata setiap siswa, Anda perlu melakukan hal berikut: masukkan rumus =Rata-rata (seret nanti dari awal baris siswa pertama ke akhir) seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini untuk menghitung siswa berikutnya. Nilai rata-rata hanya membedakan antara nilai awal dan akhir siswa, kisaran rata-rata antara.

Cara Tercepat Membuat Tabel Di Excel + Penjelasan Lengkap

6. Untuk menghitung kolom peringkat setiap siswa, ikuti langkah-langkahnya: Masukkan rumus = Pangkat (klik total nilai siswa pertama) seperti terlihat pada gambar di bawah ini untuk menghitung peringkat siswa berikutnya. Anda hanya perlu mengatur skor siswa pada tabel peringkat dari awal hingga akhir dalam rentang peringkat.

7. Untuk menghitung jumlah maksimal siswa, Anda hanya perlu memasukkan rumus = Maks (tarik baris awal hingga akhir rentang angka) seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

8. Untuk menghitung jumlah minimal siswa, ikuti langkah-langkahnya: Masukkan rumus = Min (seret baris awal ke akhir rentang total) seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Cara Membuat Tabel Di Excel

10. Untuk memasukkan nama siswa harus menggunakan rumus = VLOOKUP (klik D5 atau kolom ID Siswa; leger; 2), lalu enter

Pivot Chart, Membuat Grafik Di Excel Pada Pivot Table

11. Untuk mengisi kolom nomor nilai hasil belajar, gunakan rumus = VLOOKUP (tekan D5 atau kolom nomor ID mahasiswa; rupee; kolom mata pelajaran), lalu masukkan contoh nilai PAI = VLOOKUP ( D5; leger; 3). Untuk mendapatkan penanda mata pelajaran lain, cukup klik dua kali pada baris angka pertama, lalu pilih F4 setelah D5, maka otomatis penanda mata pelajaran lain akan muncul, namun ingat untuk mengubah kolom mata pelajaran yang Anda perlukan. Contoh baris ketiga PAI = VLOOKUP (D5; leger; 3), contoh baris keempat PKn = VLOOKUP (D5; leger; 4)

12. Untuk mengisi kolom huruf pada nilai hasil penelitian, gunakan rumus = VLOOKUP (klik nomor baris pertama kolom; huruf; 2), lalu masukkan contoh = VLOOKUP (F11; huruf; 2)), lalu gunakan langkah yang sama.

13. Gunakan rumus = VLOOKUP (klik kolom dengan nomor baris pertama > = “Nilai KKM”, “Melebihi”, “Jangan melebihi”) untuk mengisi kolom prediksi nilai hasil penelitian, lalu masukkan Contoh = VLOOKUP (F11 > = 75, ” more”, “no more”), lalu ikuti langkah yang sama

14. Untuk mengisi kolom total, gunakan rumus =SUM (tarik rentang awal hingga akhir rentang angka), lalu ketik

Cara Membuat Grafik Di Microsoft Excel Dengan Mudah

15. Untuk melengkapi Rentang Peringkat, Anda perlu menggunakan rumus =Peringkat(klik Rentang; Jumlah) lalu enter. Contoh = pangkat(F24; angka)

16. Untuk mengisi rentang informasi, Anda perlu menggunakan rumus = IF (klik Total Kolom > = Jumlah Maksimum; “Simpan Keberhasilan Pembelajaran”; IF (klik Total Kolom > = Jumlah Rata-rata; “Aktifkan Pembelajaran Tingkat Lanjut” ) Prestasi ” ;”Lanjutkan belajar dan tingkatkan kenikmatan belajar”)) Lalu login. Contoh = IF (F24>=890; “Pertahankan kesuksesan akademik Anda”; IF (F24>=880; “Tingkatkan kesuksesan akademik Anda”; “” Lanjutkan belajar dan meningkatkan kenikmatan belajar Anda”))

17. Untuk memudahkan melihat harga, gunakan Validasi Data. Caranya sangat mudah, cukup klik nomor induk mahasiswa, lalu pilih menu data dan pilih verifikasi data. Kemudian akan muncul gambar ini, lalu anda tinggal blok dari digit pertama hingga digit terakhir pada kolom sumber, maka enteTable mungkin merupakan fitur terbaik di excel yang belum anda gunakan. Membuat tabel di Excel tidak membutuhkan waktu lama. Hanya dengan beberapa klik (atau pintasan keyboard), Anda dapat mengubah data apartemen Anda menjadi banyak tabel data yang berguna.

Cara Membuat Tabel Di Excel

Dalam tutorial ini, saya akan mengajari Anda cara menggunakan tabel (disebut juga tabel data) di Microsoft Excel. Anda akan mempelajari cara menggunakan semua fungsi ini dan menguasai tabel data. Mari kita mulai belajar tentang spreadsheet MS Excel bersama-sama.

Cara Mudah Mencari Nama Di Microsoft Excel Secara Cepat Dan Akurat

Tabel adalah fitur hebat untuk mengelompokkan data di Excel. Tabel adalah kumpulan baris dan kolom khusus dalam spreadsheet yang memungkinkan Anda memiliki beberapa tabel dalam satu lembar.

Anda mungkin mengira data Anda sudah ada dalam tabel di spreadsheet Excel karena semuanya ada dalam baris dan kolom. Namun, data Anda tidak ada dalam tabel “sebenarnya”, kecuali Anda menggunakan fungsi spreadsheet Excel tertentu.

Pada gambar di atas, saya telah mengubah kumpulan data standar menjadi spreadsheet Excel. Perubahan yang kentara adalah data yang terbatas, namun fitur ini memiliki kekuatan lebih.

Tabel memudahkan pengerjaan data di Microsoft Excel, dan tidak ada alasan untuk tidak menggunakannya. Mari pelajari cara mengubah data menjadi tabel dan menggunakannya.

Mengurutkan Data Dalam Rentang Atau Tabel

Tangkapan layar di bawah ini memberikan instruksi tentang cara mengonversi data seragam ke spreadsheet Excel. Saya akan mengajari Anda cara menggunakan pintasan keyboard dan opsi sekali klik untuk mengubah data menjadi tabel. Kemudian Anda akan mempelajari cara menggunakan semua fitur yang membuat spreadsheet MS Excel lebih profesional.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut, lanjutkan membaca tutorial di bawah ini untuk pengenalan spreadsheet Excel.

Contoh data yang saya sertakan dalam panduan ini gratis. Ini adalah spreadsheet sederhana dengan contoh data yang dapat Anda gunakan untuk mengonversi ke spreadsheet Excel.

Cara Membuat Tabel Di Excel

Mulailah dengan mengklik kumpulan data di spreadsheet. Anda dapat mengklik di mana saja dalam kumpulan data sebelum mengonversinya menjadi tabel.

Membuat Tabel Di Excel

Untuk membuat tabel dengan cepat, saya sarankan menggunakan shortcut keyboard (Ctrl+T). Saat Anda mempelajari cara menggunakan pintasan Excel, kemungkinan besar Anda akan menggunakan fungsi-fungsi ini di lembar kerja Anda.

Sekarang setelah Anda mengonversi data biasa menjadi data tabular, sekarang saatnya memanfaatkan kecanggihan fitur ini. Mari cari tahu lebih lanjut:

Tabel memudahkan pengeditan data. Daripada membuang waktu menyorot data, menggunakan warna latar belakang, dan mengotak-atik gaya sel, tabel ini menawarkan penataan gaya sekali klik.

Untuk mengonversi data menjadi tabel, klik di dalamnya. Opsi pita Excel baru muncul di pita yang disebut Alat Tabel > Desain.

Cara Mengecilkan Tabel Di Word Dengan Mudah Dan Cepat

Klik opsi pita ini dan temukan menu tarik-turun Gaya Tabel. Klik salah satu opsi gaya berikut untuk menerapkan skema warna yang dipilih ke data.

Pilih tabel yang ingin Anda ubah gayanya, lalu pilih tab Desain pada pita Excel dan menu tarik-turun Gaya Tabel untuk menambahkan beberapa gaya pada data.

Daripada menghabiskan waktu menyiapkan data secara manual, Anda bisa menggunakan tabel untuk membersihkan data Anda. Jika Anda hanya menggunakan tabel untuk menerapkan gaya cepat, ini masih merupakan fitur hebat. Namun Anda dapat melakukan lebih banyak hal dengan spreadsheet Excel:

Cara Membuat Tabel Di Excel

Salah satu fitur tabel favorit saya adalah kemampuan untuk menambahkan nama ke tabel. Hal ini memudahkan untuk mereferensikan data tabel dalam rumus.

Cara Membuat Tabel Di Excel Bagi Pemula

Klik di dalam tabel untuk memilihnya. Kemudian klik tab Desain pada pita Excel. Di sisi kiri menu ini, cari kotak Nama Tabel dan masukkan nama baru untuk tabel tersebut. Pastikan satu kata (tidak boleh ada spasi pada nama tabel).

Anda sekarang dapat menggunakan nama tabel saat menulis rumus. Pada contoh tangkapan layar di bawah, Anda dapat melihat bahwa saya telah memetakan tabel pembantu data baru ke tabel yang kita buat pada langkah sebelumnya. Daripada mengetikkan referensi sel, saya cukup mengetikkan nama tabel.

Setelah memberi nama tabel, Anda dapat memasukkan nama tabel ke dalam rumus dan referensi.

Nama tabel diperlukan saat membuat buku kerja Excel berukuran besar. Ini adalah langkah aman untuk memastikan Anda mengetahui di mana referensi sel Anda berada.

Cara Memberi Warna Pada Tabel Excel

Saat Anda menulis rumus dalam tabel, rumus tersebut lebih mudah dibaca dan terlihat lebih bagus dibandingkan rumus Excel standar.

Pada contoh di bawah ini, saya menulis rumus untuk membagi jumlah tagihan dengan jam kerja untuk menghitung tarif per jam. Perhatikan bahwa rumus yang dibuat oleh Excel bukan E2/D2, tetapi menyertakan nama kolom.

Saat Anda menekan Enter, tabel Excel akan menyeret rumus ke semua baris dalam tabel. Saya suka rumus yang dibuat tabel selama penghitungan. Tidak hanya menjaga kebersihannya, tetapi Anda tidak perlu menyerahkan resep dengan tangan.

Cara Membuat Tabel Di Excel

Seiring waktu, tabel dapat diperluas untuk menyertakan kolom atau baris baru. Saat Anda menambahkan data baru ke tabel, tabel akan otomatis diperbarui untuk menyertakan kolom atau baris baru.

Tips Mencatat Pengeluaran Di Excel, Plus Contoh Dan Template

Anda dapat melihatnya pada contoh yang saya sertakan di bawah. Menambahkan kolom baru ke Kolom G dan menekan Enter secara otomatis akan memperluas tabel dan menggambar semua gaya. Artinya tabel diperluas untuk menyertakan kolom baru ini.

Bagian terbaik tentang fitur ini adalah ketika Anda mereferensikan tabel dalam rumus lain, baris dan kolom baru secara otomatis ditambahkan ke dalamnya. Misalnya, tabel bantuan data yang dilampirkan ke spreadsheet Excel akan diperbarui dengan rentang dan rentang baru saat diperbarui.

Saat Anda mengonversi data ke tabel di Excel, Anda bisa melihatnya

Cara membuat tabel di excel di hp, membuat tabel di excel, cara membuat tabel di excel untuk pemula, cara membuat tabel absen di excel, cara membuat tabel pivot di excel, cara membuat tabel gaji karyawan di excel, cara membuat tabel di microsoft excel, cara membuat tabel di excel menggunakan hp, cara membuat tabel akuntansi di excel, cara membuat tabel di excel hp android, cara tabel di excel, cara membuat tabel grafik di excel

Leave a Comment