Olahraga Lari Untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga Lari Untuk Menurunkan Berat Badan – KOMPAS.com – Ketika kebanyakan orang mempunyai tujuan menurunkan berat badan, mereka langsung memikirkan olahraga atau diet ketat untuk mendapatkan hasil yang cepat dan optimal.

Padahal, aktivitas fisik sederhana seperti jogging sangat efektif menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin.

Olahraga Lari Untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga Lari Untuk Menurunkan Berat Badan

Menurut Natalie Rizzo, ahli diet terdaftar di New York City, lari merupakan cara efektif menurunkan berat badan karena membakar kalori dengan cepat.

Olahraga Pagi Yang Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

“Kita membakar lebih banyak kalori per menit dibandingkan jogging atau bersepeda,” kata Rizzo.

Christine Kirkpatrick, ahli diet dan manajer layanan makan sehat di Cleveland Clinic Wellness Institute, sependapat.

Namun jika keluar rumah sebentar dan berjalan kaki mungkin tidak akan efektif, apalagi jika pola makan masih tidak teratur, jelasnya.

Masalah umum ketika orang tiba-tiba meningkatkan aktivitas olahraga hariannya adalah mereka mengira mereka membakar terlalu banyak kalori.

Bakar Lemak Dengan Slow Run Dan Fast Run, Mana Yang Lebih Baik?

Namun kenyataannya tidak sesuai harapan. Sayangnya, karena merasa telah membakar terlalu banyak kalori, mereka makan berlebihan.

Kirkpatrick menambahkan bahwa kita perlu mengubah pola makan dengan menambahkan lebih banyak makanan padat nutrisi, terutama jika Anda banyak berjalan kaki.

Tentu saja juga air dan elektrolit. “Sumber karbohidrat kompleks dan protein tanpa lemak juga merupakan pilihan yang baik,” katanya.

Olahraga Lari Untuk Menurunkan Berat Badan

Menurut Rizzo, banyak pelari pemula yang mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat untuk memberikan “bahan bakar” yang cukup bagi tubuh mereka.

Olahraga Yang Menurunkan Berat Badan Secara Efektif

“Mereka tidak tahu apa yang harus dimakan dan sepertinya mereka berkelahi.

Jika Anda ingin menggabungkan lari dengan tujuan penurunan berat badan, Rizzo menyarankan untuk memulai secara perlahan dan berhati-hati agar tidak melukai diri sendiri.

“Pastikan kaki Anda lurus dan lengan Anda berada di samping tubuh dan jangan menyilangkannya di depan Anda

Dengarkan berita terbaru kami dan pilih langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal. Banyak orang menggunakan berbagai cara untuk mencapai berat badan ideal. Salah satu tantangan tersulit adalah menurunkan berat badan saat Anda kelebihan berat badan.

Ide Lari Pagi Untuk Menaikkan Berat Badan Teratas Di 2024

Berdasarkan rumus Indeks Massa Tubuh (MBI), berdasarkan berat dan tinggi badan seseorang, terdapat empat kondisi tubuh, yaitu kurus, sehat, kelebihan berat badan, dan obesitas.

Untuk orang dewasa berusia 20 tahun ke atas, BMI 18,5 atau kurang berarti berat badan yang sehat adalah antara 18,5 dan 24,9.

Selanjutnya jika MBI antara 25,0 dan 29,9 maka kita berbicara tentang obesitas, dan jika BMI 30,00 ke atas maka kita berbicara tentang obesitas.

Olahraga Lari Untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi mereka yang sedang berjuang melawan kelebihan berat badan atau bahkan obesitas, olahraga atau olahraga pagi hari bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan selain diet.

Wanita Dalam Pakaian Olahraga Jogging Menurunkan Berat Badan Kalori Gaya Hidup Hilang Vektor, Gaya Hidup, Kalori, Kehilangan Png Dan Vektor Dengan Background Transparan Untuk Unduh Gratis

Selain menurunkan berat badan, olahraga dapat meningkatkan mood, menguatkan tulang, dan menurunkan risiko penyakit kronis lainnya.

Jalan kaki adalah salah satu latihan terbaik untuk menurunkan berat badan. Ini adalah cara yang nyaman dan mudah bagi pemula untuk mulai berolahraga tanpa merasa kewalahan atau membeli peralatan. Selain itu, ini merupakan olahraga low impact yang artinya tidak menimbulkan nyeri pada persendian.

Menurut Harvard Health, orang dengan berat badan 70 pon membakar sekitar 175 kalori dengan berjalan kaki selama 30 menit dengan kecepatan rata-rata 4 mil per jam.

Sebuah penelitian selama 12 minggu terhadap 20 wanita gemuk menemukan bahwa berjalan kaki tiga kali seminggu selama 50-70 menit mengurangi lemak tubuh dan lingkar pinggang rata-rata 1,5% dan 1,1 inci (2,8 cm).

Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Yang terbaik dari semuanya, sangat mudah untuk memasukkan lari ke dalam rutinitas harian Anda. Siapa pun dapat berjalan kaki saat istirahat makan siang atau menaiki tangga di tempat kerja untuk menambah jumlah langkah hariannya.

Pemula bisa memulainya dengan jalan kaki 30 menit sebanyak 3-4 kali seminggu. Tingkatkan frekuensi dan durasi jalan kaki Anda secara bertahap untuk menjaga kesehatan Anda.

Jogging dan jalan kaki merupakan olahraga yang baik untuk membantu menurunkan berat badan. Meski serupa, perbedaan utamanya adalah kecepatan lari biasanya 4-6 mil per jam (6,4-9,7 km/jam) sedangkan kecepatan lari 6 mil per jam (9,7 km/jam) lebih besar daripada kecepatan lari 6 mil per jam (9,7 km/jam).

Olahraga Lari Untuk Menurunkan Berat Badan

Menurut Harvard Health, orang dengan berat 150 pon membakar sekitar 288 kalori dalam 30 menit berjalan kaki sejauh 5 mph (5 km) atau 360 kalori dalam 30 menit berjalan kaki sejauh 6 mil (9,7 km). /H).

Baik Untuk Tubuh, Ini 4 Manfaat Jogging Yang Harus Kamu Ketahui!

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa jogging dan lari dapat membantu membakar lemak visceral yang disebut dengan lemak perut. Jenis lemak ini menutupi organ dalam dan berhubungan dengan berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

Baik jalan kaki maupun joging merupakan olahraga yang dapat dilakukan di mana saja dan dapat dimasukkan ke dalam rutinitas mingguan. Untuk memulainya, cobalah berjalan kaki selama 20-30 menit 3-4 kali seminggu.

Jika berjalan atau jogging di luar ruangan membuat persendian Anda stres, cobalah berjalan di permukaan yang lebih lembut seperti rumput. Selain itu, banyak treadmill yang memiliki bantalan yang memudahkan persendian.

Meskipun bersepeda secara tradisional merupakan aktivitas luar ruangan, banyak pusat kebugaran dan pusat kebugaran yang memiliki sepeda olahraga yang memungkinkan untuk bersepeda di dalam ruangan.

Manfaat Lari Sprint Bagi Kesehatan, Ampuh Turunkan Berat Badan

Menurut Harvard Health, orang dengan berat badan 155 pon (70 kg) membakar sekitar 252 kalori dalam 30 menit mengendarai sepeda stasioner dengan kecepatan rata-rata, atau 288 kalori dalam 30 menit bersepeda dengan kecepatan 12-13,9 mph (19-22,4 ). km/jam).

Bersepeda tidak hanya bagus untuk menurunkan berat badan, penelitian menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara teratur memiliki kebugaran keseluruhan yang lebih baik, sensitivitas insulin, dan risiko penyakit jantung, kanker, dan kematian yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak bersepeda secara teratur.

Bersepeda sangat bagus untuk semua tingkat kebugaran, dari pemula hingga atlet. Selain itu, ini merupakan olahraga berdampak rendah yang tidak akan menimbulkan tekanan pada persendian.

Olahraga Lari Untuk Menurunkan Berat Badan

Latihan kekuatan adalah pilihan populer bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan. Orang dengan berat badan 155 pon (70 kg) akan membakar sekitar 108 kalori selama 30 menit latihan kekuatan.

Apakah Olahraga Dengan Perut Kosong Efektif Turunkan Berat Badan?

Selain itu, latihan kekuatan membantu membangun kekuatan dan meningkatkan pertumbuhan otot, yang dapat meningkatkan laju metabolisme istirahat (RMR), yaitu jumlah kalori yang dibakar tubuh saat istirahat.

Sebuah penelitian yang dilakukan selama enam bulan menemukan bahwa melakukan latihan kekuatan selama 11 menit tiga kali seminggu menghasilkan rata-rata peningkatan laju metabolisme sebesar 7,4%. Dalam penelitian ini, peningkatan ini setara dengan membakar tambahan 125 kalori per hari.

Studi lain menemukan bahwa latihan kekuatan selama 24 minggu menghasilkan peningkatan laju metabolisme pria sebesar 9%, yang setara dengan membakar lebih dari 140 kalori per hari. Di kalangan wanita, peningkatan laju metabolisme hampir 4%, atau 50 kalori lebih banyak per hari.

Latihan interval, juga dikenal sebagai pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT), adalah istilah umum untuk latihan intens singkat yang diselingi dengan periode pemulihan. Biasanya, latihan HIIT berlangsung 10-30 menit dan dapat membakar banyak kalori.

Latihan Jalan Kaki Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian terhadap 9 orang aktif menemukan bahwa HIIT membakar 25-30% lebih banyak kalori per menit dibandingkan bentuk olahraga lainnya, termasuk latihan kekuatan, bersepeda, dan lari treadmill.

Selain itu, banyak penelitian menunjukkan bahwa HIIT sangat efektif dalam membakar lemak perut, yang berhubungan dengan banyak penyakit kronis.

HIIT dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam rencana pelatihan Anda. Pilih saja jenis olah raganya, misalnya lari, lompat, atau bersepeda, serta waktu olah raga dan istirahatnya.

Olahraga Lari Untuk Menurunkan Berat Badan

Misalnya mengayuh sekuat tenaga selama 30 detik, lalu mengayuh perlahan selama 1-2 menit. Ulangi pola ini selama 10-30 menit.

Pilihan Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan

Berenang adalah cara yang bagus untuk menurunkan berat badan dan tetap sehat. Menurut Harvard Health, orang dengan berat badan 70 pon membakar sekitar 216 kalori saat berenang selama setengah jam.

Cara dan gaya berenang mempengaruhi jumlah kalori yang terbakar. Sebuah studi terhadap perenang kompetitif menemukan bahwa gaya dada membakar kalori paling banyak, diikuti gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya bebas.

Sebuah penelitian selama 12 minggu terhadap 24 wanita paruh baya menemukan bahwa berenang 60 menit tiga kali seminggu mengurangi lemak tubuh, meningkatkan fleksibilitas, dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung, termasuk kadar kolesterol total dan trigliserida dalam darah.

Keuntungan lain dari berenang adalah dampaknya yang rendah, yang berarti lebih sedikit tekanan pada persendian. Ini adalah pilihan bagus untuk orang yang mengalami cedera atau nyeri sendi.

Wanita Berjalan Di Luar Untuk Menurunkan Berat Badan, Konsep Membakar Lemak Selulit. Wanita Pelari Wanita Melatih

Yoga adalah cara populer untuk berolahraga dan menghilangkan stres. Meskipun biasanya tidak dianggap sebagai latihan penurunan berat badan, olahraga ini membakar sejumlah kalori dan memiliki banyak manfaat kesehatan tambahan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Menurut Harvard Health, orang dengan berat 150 pon membakar sekitar 144 kalori selama latihan yoga 30 menit.

Sebuah studi selama 12 minggu terhadap 60 wanita gemuk menemukan bahwa mereka yang berpartisipasi dalam dua sesi yoga 90 menit per minggu kehilangan rata-rata 1,5 inci (3,8 cm) lebih banyak dari pinggang mereka dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Olahraga Lari Untuk Menurunkan Berat Badan

Sebagian besar pusat kebugaran menawarkan kelas yoga, tetapi Anda dapat berlatih yoga di mana saja, bahkan di rumah, karena banyak tutorial yang tersedia secara online.

Mengapa Lari Tidak Membantu Menurunkan Berat Badan?

Pilates adalah latihan yang bagus untuk pemula untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian yang disponsori oleh American Council on Latihan, seseorang dengan berat sekitar 140 pon (64 kg) membakar 108 kalori dalam kelas Pilates pemula selama 30 menit atau 168 kalori dalam kelas lanjutan dengan durasi yang sama.

Meskipun Pilates tidak membakar kalori sebanyak latihan aerobik seperti lari, banyak orang menikmatinya sehingga lebih mudah dilakukan secara konsisten.

Hasil penelitian selama 8 minggu yang melibatkan 37 wanita paruh baya

Olahraga ringan untuk menurunkan berat badan, olahraga lari bisa menurunkan berat badan, olahraga kardio untuk menurunkan berat badan, cara olahraga untuk menurunkan berat badan, cara menurunkan berat badan dengan olahraga lari, olahraga untuk menurunkan berat badan, olahraga yang bagus untuk menurunkan berat badan, olahraga lari menurunkan berat badan, olahraga untuk menurunkan berat badan dengan cepat, apakah olahraga lari bisa menurunkan berat badan, apakah olahraga lari dapat menurunkan berat badan, olahraga menurunkan berat badan

Leave a Comment